Sabtu, 19 Agustus 2017

Kadinkes Jayawijaya ajak warga manfaatkan fasilitas kesehatan

id Kadinkes Jayawijaya ajak warga manfaatkan fasilitas kesehatan, Papua
Kadinkes Jayawijaya ajak warga manfaatkan fasilitas kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayawijaya, Tinggal Wusuno (Foto: Antara Papua/Marius Frisson Yewun)
Kami harap masyarakat punya kepedulian untuk bisa melakukan persalinan di fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah
Wamena (Antara Papua) - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Tinggal Wusuno mengajak warga setempat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas, termasuk ketika hendak melahirkan.

"Kami harap masyarakat punya kepedulian untuk bisa melakukan persalinan di fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah," kata Tinggal di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin.

Menurut Tinggal, ada instruksi bagi seluruh tenaga kesehatan yang tersebar di 22 Puskesmas se-Kabupaten Jayawijaya untuk memantau perkembangan ibu hamil dan bayi.

"Sekarang kita akan memastikan setiap layanan persalinan bisa ditangani oleh tenaga kesehatan karena tenaga bidan kita masih kurang," katanya.

Agar pelayanan kepada ibu hamil dan anak tidak terhambat akibat kekurangan tenaga bidan, Tinggal mengatakan pemerintah Jayawijaya juga merekrut sejumlah pegawai tidak tetap (PTT) untuk menambah jumlah bidan.

"Secara umum pegawai bidan termasuk tenaga yang direkrut untuk membantu di Kabupaten Jayawijaya sekitar 185 orang. Mereka tersebar di satu RSUD dan 22 Puskesmas," katanya.

Menurut Tinggal, memang perlu penambahan tenaga bidan sebab jumlah kampung/desa di Jayawijaya adalah 328.

"Kalau dari sisi idealnya masih perlu kita lakukan penambahan hanya karena keterbatasan anggaran sehingga belum ditambah. Sebenarnya anggaran ada, namun yang kita perlu bukan hanya bidan, tetapi dokter juga sehingga anggaran yang ada dibagi-bagi kepada jenis tenaga kesehatan yang lain," katanya. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga