Rabu, 20 September 2017

Dishubkominfo Mimika segera buka posko layanan pemudik di bandara

id Dishubkominfo Mimika segera buka posko layanan pemudik di bandara, Papua
Kalau penumpang mudik sudah mulai padat, kami segera buka posko gabungan di Bandara Timika. Tentu akan terpadu dengan kantor kesehatan di bandara
Timika (Antara Papua) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua segera membuka posko layanan pemudik Lebaran di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishubkominfo Mimika Yan Purba di Timika, Senin, mengatakan pos komando terpadu itu nantinya melibatkan semua unsur terkait seperti pihak operator penerbangan, kepolisian, Lanud Timika, Paskhas dan lainnya untuk membantu memudahkan para pemudik yang ingin berlebaran di luar Timika.

"Kalau penumpang mudik sudah mulai padat, kami segera buka posko gabungan di Bandara Timika. Tentu akan terpadu dengan kantor kesehatan di bandara," jelas Purba.

Menurut dia, arus penumpang dari Bandara Mozes Kilangin Timika ke berbagai rute di wilayah barat menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah mulai meningkat.

"Sekarang sudah mulai meningkat, apalagi pada H-2 dan H-1 sebelum hari raya Lebaran. Mengingat jumlah penumpang yang berangkat mulai meningkat, secara otomatis harga tiket penerbangan juga ikut bergerak naik," jelas Purba.

Sebagaimana pihak Dishubkominfo, Kantor SAR Timika juga menyiagakan personelnya untuk membantu penumpang yang hendak mudik Lebaran di Pelabuhan Paumako Distrik Mimika Timur dan Bandara Mozes Kilangin Timika.

Kasubsi Operasi Kantor SAR Timika Syahril mengatakan personel SAR Timika akan dibagi pada tiga titik untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran yaitu di Pelabuhan Paumako, Bandara Mozes Kilangin dan sebagian lagi bersiaga di Kantor SAR Timika.

"Untuk di wilayah bandara, kami bergabung dengan personel pemadam kebakaran yang selalu bersiaga di sisi selatan Bandara Timika. Sedangkan di Pelabuhan Paumako, kami bergabung dengan instansi lain seperti Pelni, Polsek Kawasan Pelabuhan Paumako, KPLP Paumako, dan lainnya," jelas Syahril.

Arus penumpang mudik Lebaran tahun ini dari Timika melalui pintu Bandara Mozes Kilangin dan Pelabuhan Paumako ke berbagai tempat di luar Papua tidak sepadat dan seramai tahun-tahun sebelumnya.

Adanya persoalan terkait mogok massal ribuan karyawan PT Freeport Indonesia di Timika ditengarai menjadi faktor utama yang menyebabkan banyak warga tidak melakukan perjalanan mudik menjelang hari raya Lebaran tahun ini di Timika. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga